You are here: Home > Assignment > Machine Learning

Machine Learning

Bagi kamu yang belum tahu, Machine Learning merupakan studi dalam Artificial Intelligent yang mempelajari cara untuk memprogram sebuah komputer untuk belajar. Pepatah berkata, manusia hanya berhenti belajar ketika ia mati. Yang artinya manusia selama hidup tak pernah henti belajar atau melakukan learning, hal ini terjadi tanpa kita sadari. Manusia dapat belajar dari pengalaman yang dia alami sehari-hari, dan dari sana, manusia mendapatkan knowledge. Namun, untuk membuat sebuah mesin dapat berpikir tentu bukanlah hal yang mudah. Salah satu cara sederhana untuk mendapatkan knowledge adalah rote learning atau menyimpan informasi yang sudah dikalkulasi. Teknik learningnya adalah learning by taking advice, learning in problem solving, learning from example, version space, decision trees, explanation-based learning, empirical and analytical learning (supervised learning, unsupervised learning), reinforcement learning, statistical learning, bayesian learning, dan neural network. Teknik learning dalam Machine Learning ini sudahlah sangat jelas, machine learning juga saling berkaitan dengan topik AI lainnya seperti planning, understanding, dan game playing.

Perkembangan AI di dunia yang modern ini sangatlah pesat. Hal ini dikarenakan masih banyak cabang AI yang belum dieksplorasi secara mendalam. Termasuk didalamnya Machine Learning, dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari sangatlah berguna. Beberapa contoh nyatanya adalah speech recognition, fingerprint recognition, atau handwriting recognition, ketiga hal tersebut menggunakan learning machine dengan mempelajari input terus menerus dan semakin pintar, kegunaannya pun terbukti sangat membantu pekerjaan dengan cara yang modern. Selain itu, banyak juga riset yang dilakukan untuk menciptakan mesin yang lebih cerdas, contohnya Asimo, sebuah robot cerdas buatan Honda, robot ini dapat mengenali pemiliknya mengenal emosi. Dalam kasus ini, beberapa teknik AI diaplikasikan kedalamnya, seperti speech recognition untuk dapat berinteraksi, image recognition untuk mengenali wajah pemiliknya dan mengenali ruangan, dan masih banyak lagi.

Jika saya diberikan kesempatan untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis Machine Learning, saya akan membuat aplikasi yang mendukung Digital Design. Dimana aplikasi tersebut bisa membuat sendiri sebuah design sesuai keinginan pemiliknya (misalnya desain kartu nama, poster, brosur, x-banner, curriculum vitae, atau yang lainnya) dengan keindahan bagi mata orang secara universal, sehingga menarik dan indah. Aplikasi tersebut dapat belajar dari warna-warna yang telah diinput didalamnya, beberapa karya design yang indah, dan dengan begitu dapat terbentuk algoritma seperti apa yang muncul jika sebuah design dikatakan indah atau menarik. Dengan adanya aplikasi ini, manusia yang memiliki kemampuan tertentu kecuali design, tetap dapat menyalurkan idenya dalam kehidupan sehari-hari tanpa terhambat oleh batasan kemampuan design-nya.

 

[Evelin Rosalita]
[1901456395]
[Odd Semester 2016/2017]
[School of Computer Science, Bina Nusantara University]

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply